Laporan keuangan UMKM

Laporan keuangan UMKM

Category : Pajak

Laporan keuangan merupakan bahasa yang memperlancar kegiatan operasional, membuat keputusan bisnis, maupun pertanggungjawaban pelaksanaan tugas manajer kepada pemilik perusahaan. Laporan keuangan merupakan informasi akuntansi paling krusial yang mengendalikan seluruh aktivitas finansial perusahaan.

 

Sayangnya, banyak pelaku UMKM yang belum menyadari pentingnya laporan keuangan bagi perusahaan. Meskipun tidak memiliki latar belakang akuntansi, Anda sebagai pelaku UMKM wajib untuk mengetahui fungsi serta manfaat laporan keuangan bagi kesehatan bisnis Anda .Jika perusahaan tidak memiliki laporan keuangan, perusahaan akan kesulitan melihat apa yang menjadi kelebihan hingga kekurangan pada perusahaan.

 

Karena itu, melalui laporan keuangan, pihak intern atau manajemen perusahaan (CEO, Direktur, dsb) akan mengetahui kondisi perusahaan sehingga dapat merancang sistem yang lebih efektif bagi perusahaan. Laporan keuangan juga menentukan kesehatan bisnis Anda. Dengan melakukan pencatatan teratur, Anda dapat memantau perkembangan bisnis setiap saat dan membandingkannya dengan bulan atau tahun sebelumnya. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui bisnis mengalami kenaikan atau penurunan serta memutuskan layak atau tidaknya bisnis untuk mendapatkan bantuan modal dari pihak lain.

 

Laporan keuangan adalah laporan yang berisi kondisi keuangan dari perusahaan atau bisnis. Laporan keuangan akan menjadi laporan akhir dari proses pencatatan keuangan pada perusahaan dan bisnis. Jika perusahaan tidak memiliki laporan keuangan, perusahaan akan kesulitan melihat apa yang menjadi kelebihan hingga kekurangan pada perusahaan. Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Laporan keuangan adalah bagian dari proses pelaporan keuangan.

 

Laporan keuangan menentukan kinerja perusahaan. Seperti yang Anda ketahui, kesuksesan perusahaan sangat bergantung oleh kinerja pegawai. Karena itu, melalui laporan keuangan, pihak intern atau manajemen perusahaan (CEO, Direktur, dsb) akan mengetahui kondisi perusahaan sehingga dapat merancang sistem yang lebih efektif bagi perusahaan. Laporan keuangan juga menentukan kesehatan bisnis Anda. Dengan melakukan pencatatan teratur, Anda dapat memantau perkembangan bisnis setiap saat dan membandingkannya dengan bulan atau tahun sebelumnya. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui bisnis mengalami kenaikan atau penurunan serta memutuskan layak atau tidaknya bisnis untuk mendapatkan bantuan modal dari pihak lain.

 

Dalam hal UMKM, kekurangan pengelolaan dana sering kali terjadi ketika pengelolaan dana dan pelaku UMKM mencampuradukkan dana perusahaan dan dana pribadi.

Pengelolaan dana yang buruk berakibat perusahaan tidak bisa mencegah, mendeteksi dan mengoreksi kekurangan di perusahaan.


Leave a Reply

081293579875
WhatsApp WhatsApp us